Mar 3, 2017

Cara Mendaftarkan Blog Ke DMCA

Tags

Sudah dua minggu lebih saya tidak posting di blog ini, terakhir saya posting tentang Cara Membuat Tulisan Tebal, Miring dan Coret di Whatsapp. Harusnya sih saya sebagai pemilik blog atau sebagai penulis blog update blog ini minimal 2 kali seminggu, tapi namanya juga ada kesibukan lain. Pada kesempatan kali ini saya ingin membahas lagi tentang optimasi blog dan SEO, tepatnya tentang DMCA atau Digital Millennium Copyright Act.

Apa Itu DMCA?

Anda mungkin sering mendengar dan membaca kata - kata DMCA di berbagai artikel, namun saya yakin tidak semua dari anda paham betul apa itu DMCA. DMCA adalah singkatan dari Digital Millennium Copyright Act yakni produk hukum yang melindungi hak cipta suatu karya terutama dibidang teknologi dan inovasi dalam dunia digital. Perlu diketahui bahwa DMCA ini adalah hukum yang ada di Amerika Serikat, namun meski demian, sebagai penulis blog kita juga wajib mematuhi DMCA ini meski pun kita bukan warga negara Amerika Serikat, mengapa demikian?kebanyakan tujuan dari membuat blog adalah memberikan informasi yang perantaranya antara blog kita sebagai penyedia informasi dan pencari informasi adalah Search Engine seperti Google, Yahoo, Ask, dan lainnya yang kebanyakan perusahaan - perusahaan itu berbasis di Amerika Serikat, jadi kalo mau aman berada di Google dan search engine lain ya harus patuh juga otomatis kita. Lagi pula DMCA ini tujuannya melindungi artikel - artikel kita yang original tentunya dari pembajakan - pembajakan atau istilah bekennya adalah copy paste oleh orang - orang yang tidak bertanggung jawab. Jika kita terdaftar di DMCA kita bisa lapor manakala artikel kita ada yang membajak.

Bagaimana Cara Mendaftarkan Blog Ke DMCA?

Untuk dapat dilindungi oleh DMCA tentunya kita harus melakukan registrasi terlebih dahulu, DMCA sendiri memberikan 2 Opsi pilihan jenis user, yakni reguler (free) dan premium (berbayar). Jangan terlalu khawatir akan perbedaan reguler dan premium karena anda mendaftar sebagai regular user pun sudah lebih dari cukup, tentu bila anda ingin fitur perlindungan yang lebih anda bisa mencoba yang premium. Namun kali ini saya hanya akansebatas membahas sampi blog kita terdaftar saja, tidak sampai upgrade ke premium user. Berikut langkah - langkah untuk mendaftar DMCA :

1. Buka situ resmi DMCA

Cara Mendaftarkan Blog Ke DMCA

Akan muncul tampilan seperti gambar diatas, anda isi form Register yang saya beri garis warna merah, isi dengan lengkap dan benar sesuai data anda, setelah itu klik Submit (untuk premium bisa klik Go Pro!).

2. Buka email anda dan Verifikasi akun DMCA anda

DMCA selanjutnya akan mengirimkan sebuah email verifikasi pada anda lengkap dengan username dan password. contohnya seperti email berikut.

Cara Mendaftarkan Blog Ke DMCA

Perhatikan garis yang saya beri garis merah, garis kotak pertama adalah alamat untuk halaman login DMCA, anda buka alamat tersebut di tab baru. garis kedua adalah informasi Username dan Password, pada gambar diatas username dan password sengaja saya hilangkan karena privasi akun DMCA saya. silahkan masukkan Username dan Password tadi pada tab baru yang anda buka seperti gambar beerikut.

Cara Mendaftarkan Blog Ke DMCA
3. Buat lencana proteksi DMCA anda

Cara Mendaftarkan Blog Ke DMCA


Setelah anda login, masuk pada menu My Protection Badges dan pilih Add Badges To Your Site seperti pada gambar diatas. Setelah itu akan muncul pilihan desain - desain lencana atau badges dari DMCA, anda bisa pilih salah satu lalu Copy dan letakkan Embed Code tersebut pada blog anda. bila anda memakai Blogger, anda bisa pilih Add To Blogger. Lebih jelasnya anda bisa lihat pada gambar berikut.

Cara Mendaftarkan Blog Ke DMCA


Demikian artikel saya tentang Cara Mendaftarkan Blog Ke DMCA. Semoga artikel ini bermanfaat.

Artikel Terkait