Apr 11, 2016

Cara Cepat Terindex Google Dengan Fetch As Google

Tags

Banyak cara yang bisa dilakukan agar blog bisa cepat terindex oleh google. bahkan saat ini blog anda bisa terindex oleh google hanya dalam waktu kurang dari satu menit setelah posting. anda tidak salah baca, tulisannya memang kurang dari satu menit. Salah satu cara agar cepat masuk dalam index google adalah dengan Fetch As Google. Fitur ini disediakan gratis oleh google, dimana fitur ini masuk dalam salah satu fitur di Google Webmaster Tools. Dari pada kita lama - lama intermezonya lebih baik langsung saja prakteknya. ikuti langkah - langkah berikut :

1. Buatlah sebuah posting

Pertama yang anda harus lakukan tentu saja membuat sebuah posting. karena jika tidak ada postingnya apanya coba yang akan kita daftarin hahahaha.

2. Masuk pada akun Google Webmaster Tools

Hal kedua setelah anda membuat posting adalah masuk ke layanan Google Webmaster Tools. Seperti yang saya bilang tadi Fetch As Google ini adalah salah satu fitur milik Google Webmaster Tools, jadi anda harus punya akunnya. jika anda belum mendaftar anda bisa membaca terlebih dahulu artikel saya tentang Cara Mendaftarkan Blog Pada Google Webmaster.

3. Masuk pada menu Crawl -> Fetch As Google

Setelah anda masuk akun anda, anda pilih blog yang akan anda daftarkan tadi postingnya, kemudian pilih menu Crawl kemudian pilih Fetch As Google.

4. Anda masukkan url posting yang telah anda buat

Pada step ke empat anda masukkan url postingan anda. contohnya seperti berikut
Http://www.AlamatAnda.com/UrlPostingAnda
dari contoh diatas yang perlu anda masukkan adalah HANYA tulisan yang berwarna merah, karena yang berwarna hitam sudah otomatis.
Cara Cepat Terindeks Google Dengan Fetch As Google
Pada gambar diatas, ada dua pilihan untuk anda submit yakni Fetch dan Fetch And Render. Fungsi Fetch disini adalah submit manual url posting anda ke Crawl Google, dan nantinya akan langsung dimasukkan ke direktori index google. Sedangkan Fetch and Render hampir mirip fungsinya hanya saja sebelumnya dilakukan pengecekan url yang anda submit ada yang sama atau tidak dalam blog anda. karena ini optional anda bisa pilih yang mana saja bebas, proses selanjutnya tetap sama.


5. Setelah anda Fetch atau Fetch and Render anda pilih Submit To Index


Cara Cepat Terindeks Google Dengan Fetch As Google

6. Akan muncul verifikasi seperti berikut

Cara Cepat Terindeks Google Dengan Fetch As Google
anda centang I'am not a robot, pilih Crawl Only this URL dan Go

7. Sampai tahap ini posting anda sudah masuk dalam index google

cara membuktikannya adalah dengan search di google menggunakan keyword berikut :
Judul Posting Anda Site:AlamatBlogAnda.com
Sesuaikan yang saya beri warna merah. Cara Cepat Terindex Google Dengan Fetch As Google ini telah saya praktekkan dan memang kurang dari satu menit sudah masuk dalam index google. berikut buktinya.

SEBELUM
SESUDAH (Kurang Dari 1 Menit)

Cara Cepat Terindeks Google Dengan Fetch As Google
Saya sangat rekomendasikan setiap selesai posting langsung menggunakan Fetch As Google ini agar cepat terindex oleh google. Semoga artikel yang saya tulis ini dapat bermanfaat.

Artikel Terkait

3 comments

Salah satu Blog saya memang selalu mendapat indeks lebih cepat dari Google! Tapi beberapa lainnya malah terlihat susah... Sebagai konteks Pribadi, saya menyimpulkan ini adalah faktor umur situs!

Saya malah baru tau dengan hal ini :D :D :D Mungkin akan membantu situs yang susah indeks tersebut! Tanya boleh dong? hehe

Kalau dilakukan secara banyak sekaligus? boleh ngak? Maksud saya akan di anggap Sp*m ngak, sama google?

Untuk setiap URL saya rasa cukup sekali submit aja. selain itu ada batasan untuk submit URL perbulannya, klo gak salah 500 URL per bulan. untuk spam atau gak, saya sendiri kurang paham klo langsung buanyakk sekaligus. tp saya mungkin lebih baik klo digunakan sewajarnya aja :D

Mungkin sebaiknya jangan lakukan banyak sekaligus, kalau saya hanya melakukannya ketika selesai mengeposkan artikel baru dan/atau setelah mengedit/update artikel