Aug 10, 2016

Mendaftarkan Sitemap Pada Google Webmaster

Tags

Pada artikel sebelumnya, saya sudah membuat artikel tentang apa itu Google Webmaster dan cara untuk mendaftarkan blog kita pada Google Webmaster. Di artikel tersebut saya juga sedikit menjelaskan betapa pentingnya blog untuk di daftarkan ke Google Webmaster. jika anda belum membacanya silahkan baca artikel saya sebelunya Cara Mendaftarkan Blog Pada Google Webmaster . nah untuk artikel yang sekarang saya akan mengupas tentang salah satu layanan yang ada dalam Google Webmaster itu sendiri yakni Sitemap. Jika anda ingin tau apa itu sitemap baca Cara Membuat Sitemap SEO Friendly Pada Blog . Sitemap sendiri selain penting diletakkan pada blog kita, juga tidak kalah pentingnya untuk mendaftarkannya pada Google Webmaster. di artikel ini saya akan membahas tata cara Mendaftarkan Sitemap Pada Google Webmaster. berikut adalah step - stepnya :

Baca Juga : 


1. Buka Google Webmaster pada browser anda.
Akan muncul tampilan seperti gambar diatas. silahkan SIGN IN ke akun google anda. 

2. Klik pada blog yang akan anda daftarkan sitemapnya.
Pada artikel sebelumnya saya sudah mengatakan bahwa saya mendaftarkan satu blog dengan dua format alamat yang berbeda. pilih saja salah satunya dulu jika anda melakukan hal yang sama dengan saya (mendaftarkan dua format alamat berbeda)

3. Pada halaman Search Console anda pilih menu Sitemap
Anda bisa pilih menu sitemap yang ada di sidebar atau yang ada di Current Status.

4. Anda klik ADD/TEST SITEMAP disebelah pojok kanan atas seperti pada gambar berikut
Mendaftarkan Sitemap Pada Google Webmaster

5.  Masukkan alamat sitemap anda pada kolom seperti pada gambar berikut
Mendaftarkan Sitemap Pada Google Webmaster
untuk alamat sitemapnya, ada enam sitemap yang saya gunakan, silahkan anda masukkan satu persatu alamat sitemap berikut pada kolom.
  • atom.xml
  • rss.xml
  • atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500
  • atom.xml?redirect=false
  • feeds/posts/default?alt=rss
  • feeds/posts/default?orderby=updated
anda Submit sitemap diatas satu persatu, setelah semua selesai anda reload halamannya. maka akan muncul enam sitemap tersebut pada daftar dengan status Pending , seperti gambar dibawah
6. Hal terakhir yang perlu anda lakukan adalah menunggu.
Perlu beberapa hari agar sitemap anda bisa terindeks, anda harus sabar. apakah ada kemungkinan gagal atau error? ya ada, tergantung dari feed blog masing - masing. jika ternyata cara tersebut diatas gagal berarti feed yang anda gunakan bukan feed asli blog anda. namun jangan berkecil hati, masih ada cara alternatif untuk mengatasinya, anda bisa membacanya pada artikel Memperbaiki Sitemap Error Pada Google Webmaster Tools. Terima kasih atas kunjungannya ke artikel Mendaftarkan Sitemap Pada Google Webmaster . semoga artikel ini bermanfaat.

Artikel Terkait