May 30, 2017

Cara Menonaktifkan Mobile Version Pada Blogger

Tags

Cara Menonaktifkan Mobile Version Pada Blogger - Pada dasarnya Blogger menyediakan mobile version atau versi seluler untuk memudahkan pembaca mengakses blog lewat perangkat Mobile karena seperti yang kita tau hampir setiap lapisan masyarakat saat ini memiliki apa itu namanya ponsel, Mulai dari ponsel pintar Android, Iphone atau masih versi Java dan Symbian. Template yang ada pada Mobile Version secara default adalah bawaan dari blogger. Adanya Mobile Version ini memangkas pemakaian data saat mengakses blog lewat perangkat Mobile oleh pengguna. Meski demikian tampilannya yang sangat "biasa" membuat pemilik blog menonaktifkan fitur ini, terutama bagi pemilik blog dengan template yang responsive. Ada beberapa keuntungan yang didapat dengan menonaktifkan fitur Mobile Version ini antara lain.

Baca Juga:


1. Tampilan Lebih Menarik

Tidak dapat dipungkiri bahwa pemakaian Mobile Version yang sangat biasa tampilannya kurang menarik bagi pemilik blog atau pun pembaca meski dengan pemakaian data yang ringan. Pemilik blog lebih memilih memakai Template Responsive yang tampilannya tidak berbeda jauh dengan versi web dan pemakaian datanya juga tidak terlalu besar.

2. Dapat Menampilkan Iklan

Hal yang hilang ketika memakai Mobile Version adalah tidak munculnya iklan. Iklan yang biasanya memakai java script tidak terbaca oleh Mobile Version. Hal ini cukup mengganggu para blogger yang memasang iklan pada blognya, karena hal ini menyebabkan turunnya penghasilan mereka.

Sebenarnya masih banyak keuntungan yang didapat ketika menonaktifkan Mobile Version ini, namun saya rasa dua hal diatas adalah yang paling utama. Pertanyaannya adalah apakah dengan menonaktifkan Mobile Version ini pengunjung akan berkurang? Bila anda memakai template responsive seharusnya tidak, karena template responsive pun sangat nyaman diakses lewat mobile. Namun untuk yang belum responsive, bisa saja pengunjung anda kabur karena tampilan yang kurang friendly. Maka dari itu sebelum menonaktifkan Mobile Version pada blogger, ada baiknya ganti terlebih dahulu template anda dengan template yang responsive.

Bagaimana cara menonaktifkan mobile version pada blogger?


Pertama masuklah pada akun blogger anda dan pilih menu Template. Disana akan muncul 2 tampilan template yakni Langsung di blog dan Mobile atau Seluler. Pilih icon Setting yang ada pada bawah tampilan seluler. Lebih jelasnya perhatikan yang saya beri tanda warna merah pada gambar berikut.


Setelah anda klik icon Setting seperti pada gambar diatas, akan muncul tampilan baru seperti gambar dibawah ini.
Perhatikan yang saya beri garis warna merah pada gambar diatas. Untuk menonaktifkan mobile version anda pilih Option Kedua yakni Tidak Tampilkan template seluler di perangkat seluler. Setelah anda pilih kemudian anda Simpan. 

Setelah langkah diatas, maka ketika anda mengakses blog anda lewat perangkat mobile yang akan muncul adalah tampilan layaknya versi web. Ini menandakan bahwa proses penonaktifan Mobile Version telah berhasil. Sekian artikel saya tentang Cara Menonaktifkan Mobile Version Pada Blogger semoga artikel ini bermanfaat.

Artikel Terkait

2 comments

Mantap tampilan blog neh gan ringan dan enak navigasinya

siipp gan, saat ini memang harus memakai template yg responsive, sebab rata-rata pengunjung akses pakai hp