May 26, 2017

Membuat Akun OpenId Untuk Blogger

Tags

Membuat Akun OpenId Untuk Blogger - Bagi anda yang sering blogwalking tentu tidak asing dengan yang namanya OpenId. Biasanya OpenId disediakan secara default pada setiap platform blog terutama blogger pada kolom akun komentar. OpenId menjadi salah satu alternatif pilihan akun untuk komentar di blog selain menggunakan akun Google, LiveJournal, WordPress, TypePad dan AIM. Namun tidak jarak masih banyak yang bingung bagaimana cara menggunakan akun OpenId ini untuk berkomentar. Pada kesempatan kali ini saya akan coba membahas tentang bagaimana cara membuat akun OpenId untuk blogger dan cara penggunaannya untuk komentar. Namun sebelum itu, ada baiknya anda mengetahui dahulu apa keuntungan komentar dengan akun OpenId.

Baca Juga :


Apa Keuntungan Komentar Dengan Akun OpenId?


Bicara soal keuntungan atau manfaat yang didapat tentu cukup beragam pendapat setiap orang. Namun saya akan coba jelaskan keuntungan yang didapat berdasarkan pengalaman saya sendiri.

1. Mendapatkan Backlink saat komentar

Ini adalah salah satu alasan kuat kenapa saya lebih memilih menggunakan akun OpenId. Dengan berkomentar menggunakan akun OpenId secara otomatis link dari nama komentar akan mengarah pada blog kita yang artinya ini merupakan backlink untuk blog kita. Sebenarnya untuk mendapat backlink saat komentar jauh lebih efektif menggunakan Name/Url, namun tidak semua blog membuka fasilitas ini di komentarnya, alternatifnya ya memakai OpenId

2. Lebih aman dalam menggunakan akun

Ini yang banyak orang tidak sadari, menggunakan akun OpenId saat berkomentar lebih aman dibandingkan menggunakan akun utama seperti akun Google. Menggunakan akun OpenId mengurangi resiko akun utama anda terjadi "kecelakaan". :)

3. Lebih mudah dalam penggunaannya

Bagi sebagian orang mungkin lebih ribet memakai OpenId, namun ada juga yang berpendapat (termasuk saya) menggunakan OpenId lebih mudah. Saya memandang lebih mudah karena keuntungan di poin pertama dan kedua.

Mungkin tiga poin diatas adalah keuntungan yang minimal pernah saya rasakan saat menggunakan OpenId. Sekarang, Bagaimana cara membuat akun OpenId agar dapat digunakan dalam komentar? Seperti yang saya katakan diawal, sebenarnya tiap blog secara default sudah memiliki OpenId namun sayangnya masih sering terjadi error dari OpenId bawaan blog mulai dari kata - kata "Ups" sampai "Kredensial OpenId Anda tidak Dapat Diverifikasi". Untuk mengatasi hal tersebut anda harus membuat akun OpenId di Stack Exchange OpenId.

Bagaimana Cara Membuat Akun OpenId?


1. Buka situs Stack Exchange


Membuat Akun OpenId Untuk Blogger

Tampilan situs Stack Exchange kira - kira seperti pada gambar diatas. untuk mendaftar akun baru anda pilih Register seperti yang saya beri kotak warna merah. Kemudian akan muncul formulir yang harus anda isi sesuai data anda. Tampilan formulirnya adalah sebagai berikut

Membuat Akun OpenId Untuk Blogger
Untuk kolom pertama anda masukkan alamat Email (pastikan alamat email anda valid untuk verifikasi akun). Kolom kedua adalah optional bisa anda isi atau kosongkan, namun sebaiknya anda isi dengan nama yang anda inginkan untuk ditampilkan saat komentar menggunakan OpenId. kolom ketiga dan ke empat adalah Password , password untuk OpenId biasanya berupa kombinasi karakter khusus, angka, Upper Case dan Huruf. kemudian anda isi Chapta sesuai gambar dan setelah anda isi semua anda klik Send Confimation Email. Bukalah email anda, anda akan mendapat email dari Stack Exchange untuk verifikasi.

2. Pemasangan HTML pada blog

Setelah anda verifikasi, silahkan login pada akun anda dan anda akan menemui tampilan seperti berikut.

Membuat Akun OpenId Untuk Blogger

Pada gambar diatas, perhatikan yang saya beri garis warna merah, anda klik tulisan tersebut untuk memunculkan kode HTML untuk dipasang pada blog anda. kode yang muncul adalah seperti berikut

Membuat Akun OpenId Untuk Blogger
Pada gambar diatas terdapat 2 kode HTML (perhatikan yang saya beri garis kotak warna biru). Copylah kode tersebut dan Edit, berilah tanda / (Garis Miring) di akhir setiap kode sebelum tanda >. Sehingga kode tersebut menjadi seperti ini

<link href='https://openid.stackexchange.com/openid/provider' rel='openid2.provider'/>

<link href='https://openid.stackexchange.com/user/f79094bf-1cc6-47ac-818e-93f0f5181b63' rel='openid2.local_id'/>

Kode yang berwarna merah adalah kode unik, sesuaikan dengan milik anda di akun Stack Exchange. Setelah anda ubah sekarang anda letakkan kedua kode tersebut pada Template Blog anda, dan letakkan tepat dibawah kode <head>. Setelah selesai kemudian carilah kedua kode berikut.

<link href='http://www.blogger.com/openid-server.g' rel='openid.server'/> 
<link expr:href='data:blog.homepageUrl' rel='openid.delegate'/>

Jika kedua kode diatas telah ada pada blog anda (biasanya letaknnya dibawah <head>), anda bisa langsung simpan Template anda dan akun OpenId anda bisa anda gunakan, namun bila tidak ada, anda tambahkan kedua kode tersebut tepat dibawah kode <head> dan simpan Template anda.

3. Cara menggunakan OpenId untuk komentar

Sebelum anda menggunakan akun OpenId anda, yang perlu anda pahami adalah setiap ingin menggunakannya anda harus dalam keadaan Log In terlebih dahulu pada akun OpenId anda. kemudian saat komentar pilih menggunakan akun OpenId seperti gambar berikut.

Membuat Akun OpenId Untuk Blogger

Kemudian masukkan Url OpenId anda. Biasanya Url OpenId ini adalah alamat blog anda. Namun bila anda tidak terlalu yakin, anda bisa mengeceknya pada menu Setelan > Lainnya, lebih jelasnya perhatikan gambar berikut.

Membuat Akun OpenId Untuk Blogger

Sekian artikel saya tentang Membuat Akun OpenId Untuk Blogger , semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.


Artikel Terkait

6 comments

Ada tiga keuntungan dalam blogwalking jika menggunakan openid. Saya malah belum pernah menggunakannya mas, biasa pakai akun google ae

saya juga baru - baru ini aja gunain mas :D

saya coba ya gan

Yang jelas backlink yang paling dicari kalau pake openID. saya rasa itu yang paling menguntungkan yah mas :)

lebih bagus sebenernya pake Name/Url :D