Apr 24, 2017

Mendaftarkan Blog Pada Yandex Webmaster

Tags

Pada artikel kali ini saya akan membahas kembali tentang Yandex. Jika sebelumnya saya telah membuat artikel tentang Cara Membuat Akun Email Baru Pada Yandex. Kali ini topiknya kembali ke SEO, yakni Mendaftarkan Blog Pada Yandex Webmaster. Seperti yang kita tahu bahwa untuk dapat terindex dalam suatu Seacrh Engine kita perlu terlebih dahulu mendaftar pada Webmaster perusahaan tersebut. Misalkan Google dengan Google Webmasternya atau Yahoo dan Bing dengan Bing Webmasternya. Yandex pun demikian, untuk dapat terindex dalam Yandex Search Engin anda harus daftar terlebih dahulu pada Yandex Webmaster. Selain mendaftar Yandex Webmaster, sebelumnya saya juga pernah membahas tentang Cara Mendaftarkan Blog Pada Google Webmaster dan juga Cara Mendaftarkan Blog Pada Bing Dan Yahoo Webmaster. Bila anda belum mendaftarkan blog anda pada Google Webmaster atau Yahoo dan Bing Webmaster, anda bisa membaca artikel tersebut.

Kembali pada pembahasan tentang Yadex, perlu anda ketahui bahwa saat ini Yandex menjadi Search Engine terbesar ke 4 di dunia. Yandex memberikan alternatif pilihan bagi pengguna internet untuk menggunakan Search Engine selain Google, Yahoo dan Bing Search Engine. Pangsa pasar Yandex sendiri kebanyakan masih berbasis di eropa seperti Rusia, Belarusia dan juga Kazakhstan. Hal ini mungkin dikarenakan basis Yandex sendiri yang berada di Rusia dan lebih familiar dengan bahasa yang digunakan disana. Namun akhir - akhir ini Yandex mulai mencoba menyaingi Search Engine lain untuk menggaet pasar dunia. Mereka banyak melakukan perbaikan mulai dari hasil dari Search Engine mereka, Translate yang mereka miliki serta fasilitas di dalam Yandex Webmaster mereka. Mungkin dalam 3 hingga 5 tahun mendatang Yandex akan menjadi sepopuler Google, Yahoo dan Bing.

Bagaimana Cara Mendaftar Yandex Webmaster?


1. Anda harus memiliki akun Yandex

Untuk dapat mendaftar pada setiap layanan Yandex termasuk Yandex Webmaster, tentu anda harus membuat akun Yandex. Bagi anda yang terlah memiliki akun Yandex anda bisa lanjut pada langkah kedua. Namun bagi anda yang belum memiliki akun Yandex, anda harus mendaftar terlebih dahulu pada Yandex, anda dapat membaca cara mendaftar di Yandex pada Cara Membuat Akun Email Baru Pada Yandex. Setelah mendaftar anda bisa lanjut pada langkah kedua.

2. Buka alamat Yandex Webmaster

Setelah anda punya akun Yandex, masuklah pada alamat Yandex Webmaster. Halaman utama Yandex Webmaster adalah seperti gambar berikut.

Mendaftarkan Blog Pada Yandex Webmaster

Log in menggunakan akun Yandex anda dengan mengklik link yang saya beri warna merah pada gambar. Sedikit info bahwa Yandex sudah memlakukan banyak riset dan pengembangan untuk Webmaster mereka. Webmaster mereka juga cukup mudah digunakan. Setelah anda Log in akan muncul halaman awal Yandex Webmaster di akun anda. 

3. Tambahkan blog anda pada Yandex Webmaster

Pada langkah ketiga yang anda harus lakukan adalah menambahkan blog anda pada Yandex Webmaster. Anda yang baru daftar pada Yandex Webmaster biasanya langsung diarahkan untuk menambahkan blog anda ke Yandex Webmaster.

Mendaftarkan Blog Pada Yandex Webmaster

Perhatikan yang saya beri garis warna merah, untuk menambahkan blog anda, anda bisa kli tanda + yang saya beri tanda kotak warna merah. Akan muncul halaman baru seperti berikut.

Mendaftarkan Blog Pada Yandex Webmaster

Pada kolom yang saya beri warna merah masukkan alamat blog anda, misalkan www.omahblog.com kemudian klik Add.

4. Lakukan Verifikasi blog anda

Langkah keempat adalah melakukan verifikasi sama halnya dengan verifikasi Google Webmaster. Verifikasi ini diperlukan untuk menunjukkan bahwa anda benar - benar pemilik blog yang anda daftarkan. untuk melakukan verifikasi akan diberikan kode HTML Meta Tag yang harus anda letakkan pada template blog anda tepat dibawah kode <head>, sebenarnya ada 3 metode lain untuk verifikasi blog anda yakni dengan HTML File, DNS Record dan Whois, pada tutorial kali ini saya akan menggunakan cara kode HTML Meta Tag. Berikut contoh kode HTML Meta Tag yang diberikan.

Mendaftarkan Blog Pada Yandex Webmaster

5. Submit Sitemap anda.

Sebenarnya blog anda sudah terdaftar pada Yandex Webmaster, namun belum secara penuh masuk dalam Seacrh Engine mereka. Agar setiap artikel anda dapat terindex dengan baik anda perlu memasukkan yang namanya Sitemap. Masuklah pada menu Indexing Setting dan pilih Sitemap Files. Masukkan sitemap anda dengan format Http://alamatbloganda.com/sitemap.xml. Anda tinggal mengubah tulisan yang berwarna merah dengan alamat blog anda dan klik Add. untuk lebih jelasnya anda bisa melihat pada gambar berikut.

Mendaftarkan Blog Pada Yandex Webmaster

Setelah anda klik Add maka proses agar blog anda dapat terindex oleh Yandex Search Engine sudah selesai, anda hanya perlu menunggu proses index yang dilakukan oleh robot Yandex berjalan. Sekian artikel saya tentang Mendaftarkan Blog Pada Yandex Webmaster, semoga artikel ini dapat bermanfaat.


Artikel Terkait

2 comments

Bookmark dulu ah, kayaknya blog saya belum saya daftarkan sitemap ke yandex

Daftarin aja mas gak ada ruginya :D