Apr 30, 2017

Memperbaiki Crawl Error 404 Google Webmaster Tools

Tags

Beberapa hari ini saya banyak posting tentang Google Webmaster Tools. Mulai dari Cara Mendaftar Google WebmasterCara Submit SitemapMemperbaiki Sitemap Error, hingga kemarin saya posting tentang Cara Cepat Terindeks Google Dengan Fetch As Google. nah hari ini saya akan kembali membahas tentang Memperbaiki Crawl Error Google Webmaster Tools. Salah satu penyebab crawl error yang biasa terjadi adalah karena ada beberapa halaman yang tidak ada, atau tidak eksis lagi. error ini biasa disebut Error 404. Dalam hal ini bisa karena faktor kelalaian dari anda, bawaan dari template, atau bahkan faktor - faktor lain. Google biasanya mencoba crawl blog anda secara keseluruhan agar dapat terindex secara penuh dalam search engine, namun tidak jarang ada halaman yang mereka tidak temukan dalam blog kita dan kebanyakan kita tidak sadar akan hal itu. tentu tidak baik bagi blog kita apabila saat google melakukan crawl terlalu banyak ditemukan Page Not Found dalam blog kita. saya pernah mengalami hal ini, ada beberapa halaman pada blog ini yang sudah tidak ada dan saya tidak sadar itu. akhirnya setelah mencari informasi akhirnya saya menemukan solusinya. sebelum membuat postig ini saya sudah terapkan cara ini dan berhasil. jika anda punya masalah yang sama dengan saya, anda bisa mengikuti langkah - langkah dibawah ini untuk memperbaikinya.

Baca Juga : Memperbaiki Sitemap Error Pada Google Webmaster Tools

1. Login pada Google Webmaster Tools anda dan masuk menu Crawl
Langkah pertama tentu anda harus login ke Google Webmaster Tools anda. jika anda belum punya silahkan baca artikel berikut : Cara Mendaftar Google Webmaster Tools. Saya anggap anda sudah punya akunnya. pilih blog mana yang akan diperbaiki dan masuk ke menu Crawl.

2. Lihat pada sub menu Crawl Error
Selanjutnya anda lihat sub menu Crawl Error, disitu akan ada list Url mana saja yang mengalami error saat proses crawl. Perlu anda cermati disini ada dua versi Crawl Error yang harus anda perbaiki, yang pertama adalah versi Desktop yang pada gambar dibawah saya beri nomor satu, dan yang kedua versi Smartphone yang pada gambar dibawah ini saya beri nomor dua.
dari gambar diatas dapat dilihat saya memiliki tiga Url yang error. tentu milik saya dan milik anda berbeda. anda bisa catat Url - url tersebut pada notepad atau anda bisa Download laporan tersebut yang nantinya bisa dibuka dengan Ms. Excel.

3. Buka menu Google Index yang ada pada sidebar
Setelah Url - url tadi anda catat dan anda simpan. anda buka menu Google Index yang ada pada sidebar, kemudian akan muncul beberapa sub menu dan anda pilih Remove URLs.
Memperbaiki Crawl Error 404 Google Webmaster Tools

Pada gambar diatas langkah selanjutnya adalah anda klik Temporarily Hide seperti pada nomor satu, dan akan muncul kolom, pada kolom tersebut yang saya beri nomor dua, masukkan Url Error milik anda (Url yang telah anda simpan tadi) seperti berikut :
Http://AlamatBlogAnda/UrlErrorAnda
Ganti tulisan warna biru dengan alamat blog anda, dan ganti tulisan warna merah dengan Url Error. kemudian klik Continue. lakukan juga hal ini satu per satu pada Url yang error baik versi Desktop atau Smartphone.

4.  Akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini
Memperbaiki Crawl Error 404 Google Webmaster Tools
Pada gambar diatas URL nya pastikan sudah benar, kemudian untuk Request Type anda pilih Temporaily hide page from search results and reove from cache. kemudian anda klik Submit Request.

5. Sampai disini proses request agar URL anda tidak dirayapi atau Crawl sudah berhasil
Anda hanya tinggal menunggu prosesnya kurang lebih 1x24 jam.

6. Masuk lagi pada menu Crawl
Sembari menunggu proses Remove Url pada langkah sbelumnya, anda bisa langsung masuk pada langkah berikutnya. Silahkan anda masuk lagi ke menu Crawl dan pilih sub menu Crawl Error. pada langkah ini kita akan tandai semua Url - url error tadi menjadi sudah diperbaiki (Mark As Fixed). Silahkan anda centang semua Url Error tersebut dan klik tombol Mark As Fixed.
Memperbaiki Crawl Error 404 Google Webmaster Tools
Jika sudah melakukan Mark As Fixed akan muncul konfirmasi dan anda klik saja OK seperti berikut
Memperbaiki Crawl Error 404 Google Webmaster Tools

Setelah melewati beberapa langkah diatas, anda hanya tinggal menunggu blog anda dikunjungi oleh google, biasanya 1x24 jam. setelah itu anda akan bisa melihat status Error pada Crawl sudah hilang. Terima kasih sudah mengunjungi posting saya tentang Memperbaiki Crawl Error 404 Google Webmaster Tools, Semoga artikel ini bermanfaat.

Artikel Terkait

2 comments

caranya pernah saya lakukan, tapi eror masih tetep, apa harus merubah postingnya ya... :)

cara lain bisa pake robot.txt. Masukin aja url yang error - error biar gak di crawl :D