Jul 6, 2017

Membuat Formulir Contact Us Dengan Google Drive

Tags

Membuat Formulir Contact Us Dengan Google Drive - Menu contact us atau hubungi kami menjadi menu wajib yang ada ketika membangun sebuah blog atau pun website. Menu contact us ini berfungsi untuk menjembatani antara pengunjung yang ingin mengirim pesan kepada Pemilik blog atau website baik itu berupa pertanyaan, kritik atau pun saran. Untuk sekedar berkomunikasi sebenarnya bisa memanfaatkan komentar pada salah satu posting tapi jika hal yang ditanya tidak relevan dengan posting atau bersifat pribadi akan tidak mengenakkan rasanya jika harus lewat komentar. Cara lain adalah dengan memajang email anda misalkan dengan tulisan "Hubungi kami lewat emailadmin@blablabla.com", hal ini bisa saja dilakukan, namun sungguh tidak terlihat prefessional dan email yang anda pajang disana rawan menjadi sasaran Spam orang tidak bertanggung jawab. Solusi terbaik untuk hal ini adalah dengan membuat halaman khusus yang menyediakan formulir untuk mengirim email pada anda. Perbedaan antara cara ini dengan cara memajang email adalah tidak ditampilkannya email anda sehingga mengurangi resiko Spam. Pada artikel kali ini saya coba akan membuat tutorial tentang bagaimana cara membuat formulir contact us dengan memanfaatkan Google Drive.

Baca Juga : 

Bagaimana cara membuat formulir contact us dengan google drive?


1. Masuk pada akun Google Drive anda

Pada saat anda membuat email pada google otomatis anda juga bisa menggunakan akun anda untuk Google Drive. Silahkan anda Sign In pada akun google anda dan bukalah Google Drive anda.

2. Buat Formulir anda pada Google Drive

Google drive pada dasarnya adalah fasilitas yang disediakan Google untuk menyimpan data anda secara online, namun pada google drive juga disediakan sebuah fasilitas untuk membuat Formulir. Formulir ini lah yang akan kita manfaatkan. Jika anda sudah masuk google drive anda, anda bisa pilih Drive Saya > Google Formulir. Langkah ini dapat anda lihat pada gambar berikut.

Membuat Formulir Contact Us Dengan Google Drive

3. Setting Formulir anda

Setelah anda pilih Google Formulir makan akan muncul tampilan untuk mengatur kolom - kolom apa saja yang anda inginkan untuk ada dalah formulir. Berikut adalah gambar setting formulir pada google formulir.

Membuat Formulir Contact Us Dengan Google Drive

Perhatikan pada gambar diatas yang saya beri garis merah dan nomor warna biru.

  • Nomor 1 : Judul Formulir yang anda inginkan
  • Nomor 2 : Deskripsi formulir yang anda inginkan
  • Nomor 3 : Kolom pertama formulir dan dalam hal ini saya beri nama kolom tersebut Nama
  • Nomor 4 : Tipe kolom jawaban. ada beberapa pilihan seperti Jawaban Singkat dan Paragraf  kolom pertama ini saya pilih jawaban singkat
  • Nomor 5 : Tipe isian kolom apakah Wajib atau Tidak Wajib untuk mengisi kolom tersebut
  • Nomor 6 : Untuk menambahkan Kolom Baru (contoh diatas adalah Email dan Pesan)
  • Nomor 7 : Kolom kedua yang saya beri nama Email. Kolom ini sama settingnya dengan kolom pertama (Nama)
  • Nomor 8 : Kolom ketiga yang ditambahkan saya beri nama Pesan. Untuk setting Tipe kolom jawaban saya pilih Paragraf untuk kolom ketiga ini


Buatlah Formulir seperti yang anda inginkan. Formulir diatas hanyalah contoh umum dari kebanyakan Formulir yang orang buat. Anda bisa berkreasi sendiri disini.  Setelah selesai anda bisa klik Kirim yang ada pada pojok kanan atas

4. Dapatkan kode formulir

Setelah langkah ketiga anda lakukan maka akan muncul tampilan seperti berikut :

Membuat Formulir Contact Us Dengan Google Drive

Pilihlah seperti yang saya beri garis warna merah. Disini anda bisa mengatur Lebar dan Tinggi formulir Contact Us anda. setelah selesai anda pilih Salin.

5. Letakkan Kode Pada Laman Blog

Agar dapat menampilkan formulir contact us diatas anda bisa masuk ke blog anda dan buatlah Laman baru, Kemudian letakkan kode yang telah anda salin tadi pada halaman posting laman dan Simpan Bila langkah yang anda lakukan benar maka tampilan laman untuk formulir Contact Us ini adalah sebagai berikut.

Membuat Formulir Contact Us Dengan Google Drive

Ketika ada yang Kirim pesan kepada anda otomatis akan masuk pada email dari akun yang anda gunakan untuk membuat Formulir Contact Us ini. Mungkin sekian tutorial cara Membuat Formulir Contact Us Dengan Google Drive, semoga artikel ini bermanfaat.


Artikel Terkait

4 comments

wAH Perlu di coba nih caranya

Ijin nyoba ya mas....
O ya salam kenal ya mas

monggo, salam kenal juga mas