Jul 28, 2017

Kumpulan Situs Untuk Freelance Online

Kumpulan situs freelance online
Kumpulan Situs Untuk Freelance Online - Freelance atau pekerja lepas adalah orang yang bekerja bebas tanpa terikat pada suatu komitmen kerja atau pun perjanjian kerja. Saat ini dengan berkembangnya dunia internet telah banyak orang yang mencoba menjadi Freelancer. Selain karena tidak terikat pada ikatan apa pun, freelance juja dapat dilakukan sesuai dnegan banyaknya waktu yang kita miliki. Dari segi penghasilan, seorang freelancer memang bergantung kepada tingkat pekerjaan yang ia kerjakan dan harga patokan yang ia tetapkan sendiri, sehingga penghasilan tiap freelacer bervarisi setiap orang. Dalam segi nominal, penghasilan seorang freelancer cukup menggiurkan, pekerjaan yang mudah (entry data) biasanya dihargai kisaran 10 - 30 $ per pekerjaan atau job atau sekitar Rp 100.000 - 400.000. Jika anda berminat menjadi seorang freelance, berikut adalah beberapa situs Freelance yang mungkin dapat anda ikuti untuk mencari pekerjaan atau job.

Baca Juga :
1. Freelancer

Freelancer adalah salah satu situs Freelance yang memiliki member yang cukup banyak (bahkan yang terbanyak mungkin). Di Freelancer sendiri ada banyak sekali job - job yang tersedia sesuai untuk anda kerjakan. Sebelum anda mencari pekerjaan Freelancer, pastikan terlebih dahulu bidang apa yang benar - benar anda kuasai, misalnya Pemrograman, Data Entry, Editing Video atau hal lain yang anda kuasai, hal ini penting karena nantinya akan menentukan kompetensi anda dalam mengerjakan setiap job. Setelah itu anda bisa mencari job yang sesuai dengan anda dan mulailah untuk melakukan penawaran, memang untuk diawal akan sangat sulit mendapatkan job, oleh karenanya diawal tawarlah dengan harga yang cukup rendah tapi realistis. setelah banyak job yang anda kerjakan dan rating anda bagus, anda bisa menaikkan harga setiap tawaran yang anda buat.

2. Fiverr

Fiverr adalah salah satu situs Freelance yang cukup unik, anda bisa menawarkan jasa (gig) dimana gig ini memiliki range harga antara $5 - $1000 dan dalam prosesnya dalam tidak terjadi tawar menawar, jika anda membuat gig dengan harga $50 maka setiap ada job, otomatis harganya pun fix $50. ada banyak jasa / gig yang anda bisa tawarkan mulai dari Photoshop, Editing video sampai dengan Jasa pengiriman barang.

3. Upwork

Upwork adalah salah satu situs freelance yang dulunya dikenal dengan nama Odesk. Kelebihan yang ditawarkan oleh Upwork adalah tidak dikenakannya biaya Tes Keahlian, tes keahlian ini penting untuk meyakinkan para pemberi kerja bahwa pekerjaan yang mereka berikan akan dapat diselesaikan. Namun kekurangan Upwork yang mungkin cukup merugikan adalah adanya potongan 10% dari setiap upah yang kita terima.

4. Projects.co.id

Projects.co.id cocok bagi ada yang ingin mencari pekerjaan freelance yang berasal dari indonesia. Namun menurut pengalaman, sangat sulit dapet job di situs freelance yang satu ini, dari banyak artikel yang membahas Projects.co.id rata - rata berpendapat bahwa nilai pekerjaan di situs ini terlalu kecil (bersaing dengan harga kecil). Namun bagi anda yang ingin mencoba tidak ada salahnya, mungkin rejeki anda ada di Projects.co.id

5. Microworkers

Situs freelance yang terakhir adalah Microworkers. Microworkers cukup berbeda dari beberapa situs freelance diatas. Jika kebanyaka job yang ditawarkan situs freelance lain adalah job "besar". maka di situs Microworkers ini job yang ditawarkan adalah job - job "Kecil" atau sederhana. Sistemnya pun sedikit berbeda karena bukan sistem penawaran tapi sistem kuota jadi siapa pun bisa mengerjakannya tanpa harus diterima penawarannya. Rata - rata job yang ditawarkan kisaran $ 0,01 - $10 bahkan ada yang lebih besar. Jika dilihat nilainya memang kecil, hanya saja pekerjaannya sangat mudah seperti Like Facebook, Tweeter, nonton Youtube atau bahkan cuma Survey.

Sebenarnya masih banyak situs freelance lain yang belum disebutkan. sekedar saran, sebaiknya ikuti dulu 1 freelance yang benar - benar anda yakin, fokuslah dulu setelah cukup lancar bukalah juga ditempat lain, hal ini juga berkaitan dengan manajemen perkerjaan yang nantinya anda kerjakan. semoga artikel ini bermanfaat.

Artikel Terkait