Apr 1, 2017

Cara Mengatur Alamat Blog Menjadi Blogspot.com

Tags

Cara Mengatur Alamat Blog Menjadi Blogspot.com
Jika anda menggunakan platform Blogger, anda tentu tahu bahwa saat ini domain bawaan blogspot.com akan otomatis redirect ke domain regional, jadi jika anda mengakses dari indonesia domain tersebut otomatis menjadi blogspot.co.id. Ada beberapa blogger yang tidak masalah dengan sistem baru ini, namun ada juga yang mempermasalahkannya dengan berbagai macam alasan. Sebenarnya redirect otomatis ini bisa diatur sendiri oleh kita. Sebelum anda mengaturnya, ada beberapa hal yang harus anda pahami dan cermati terlebih dahulu. Pertama adalah, sistem ini adalah kebijakan google, mencegah riderect bisa saja dianggap menyalahi aturan oleh google. Kedua, Jangan lakukan hal ini bila blog anda mengikuti program Google Adsense, mengapa demikian? Sebabnya adalah sama, karena ini adalah kebijakan dan aturan yang ditetapkan oleh google, jika anda menyalahi aturan ini, resikonya adalah Banned oleh Google Adsense. Mengapa saya memberitahukan hal ini di awal? agar anda memahami dulu resiko yang anda ambil dengan mencegah redirect otomatis. Saya tidak mau menjadi kambing hitam karena membuat tutorial ini tanpa memberitahukan resikonya :) . Bila anda yakin mau mencegah redirect ini, berikut langkah untuk mengaturnya.

1. Buka setting Template > Edit HTML

Bukalah Edit HTML pada blog anda. Backup terlebih dahulu script template yang ada. agar bila terjadi kesalahan anda tidak pusing - pusing perbaiki.

2. Kemudian cari kode <Head>

Carilah kode <Head> pada template anda dengan menekan CTRL + F dan masukkan <Head>. Bila sudah ditemukan. Copy kode berikut dan letakkan tepat dibawah kode <Head> tadi.
 
<script type='text/javascript'>
var str=window.location.href.toString();if("-1"==str.indexOf(".com/")){var str1=str.substring(str.lastIndexOf(".blogspot."));if("-1"==str1.indexOf("/"))var str2=str1;else var str2=str1.substring(0,str1.indexOf("/")+1);window.location.href=window.location.href.toString().replace(str2,".blogspot.com/ncr/")}
</script>

Atau anda bisa menggunakan kode berikut


<script type="text/javascript">
var blog = document.location.hostname;var slug = document.location.pathname;var ctld = blog.substr(blog.lastIndexOf("."));if (ctld != ".com") {var ncr = "http://" + blog.substr(0, blog.indexOf("."));ncr += ".blogspot.com/ncr" + slug;window.location.replace(ncr);}
</script>

Setelah selesai bisa anda Simpan, dan coba untuk membuka alamat blog anda. bila domain tidak redirect ke blogspot.co.id , berarti yang anda lakukan sudah benar. Sekian artikel saya tentang Cara Mengatur Alamat Blog Menjadi Blogspot.com semoga artikel ini bermanfaat.

Artikel Terkait