May 14, 2017

Membuat Profil Pribadi Pada Wikipedia

Tags

Membuat Profil Pribadi Pada Wikipedia - Wikipedia adalah salah satu situs yang menyediakan informasi berupa Ensiklopedia. Wikipedia saat ini menjadi situs Ensiklopedia terbesar di dunia, mereka menyediakan hampir semua bahasa di dunia termasuk Bahasa Indonesia. Secara formal wikipedia sudah ada sejak tahun 2001 dan terus berkembang hingga saat ini Biasanya wikipedia banyak digunakan untuk referansi - referensi pendidikan dan karya ilmiah karena memang infomrasi yang disediakan cukup lengkap dan informasi tersebut juga dari penulis - penulis yang dapat dipercaya sumbernya. Namun tahukah anda bila di Wikipedia kita juga bisa menulis atau membuat profil tentang diri kita sendiri? Wikipedia sebenarnya sudah cukup lama menyediakan fasilitas bagi anggotanya untuk menulis tentang biografi atau profil atau sejenisnya. Bukan hanya nama - nama orang penting saja yang bisa masuk dalam situs Wikipedia, faktanya orang awam seperti kita pun bisa. Berikut saya akan coba menjelaskan tentang bagaimana cara membuat profil pada wikipedia.

Baca Juga :


1. Buat akun pada situs Wikipedia Indonesia

Tentu hal pertama yang harus anda lakukan adalah membuat akun di Wikipedia. Jika anda sudah membukanya. untuk bisa mendaftar anda hanya perlu mengisi beberapa data pribadi dan diperlukan email yang valid untuk verifikasi. Masukkan data anda pada pada form yang muncul seperti gambar di bawah ini.
Membuat Profil Pribadi Pada Wikipedia

Anda masukkan Nama Pengguna, Kata Sandi dan Email anda. Selain itu ketikkan Chapta atau verifikasi kata yang disediakan pada kolom, setelah selesai klik Buat Akun Anda. Bukalah email anda bila diwajibkan untuk melakukan Verifikasi email.

2. Buat Profil Anda

Langkah kedua adalah membuat profil anda. Masuklah pada akun Wikipedia anda, saat anda baru pertama kali menggunakan Wikipedia anda dianjurkan untuk membuat halaman pengguna. Halaman pengguna inilah yang disediakan Wikipedia untuk menuliskan profil kita. Untuk lebih jelasnya anda bisa lihat gambar berikut.

Membuat Profil Pribadi Pada Wikipedia

Pada gambar diatas pilihlah tepat seperti yang saya beri garis kotak warna merah untuk membuat halaman pengguna atau profil. Kemudian akan muncul editor seperti pada MS. Word untuk menuliskan profil anda. Tuliskan profil anda dengan lengkap disana, jelaskan tentang diri anda. Karena Wikipedia adalah situs ensiklopedia, sebaiknya bahasa yang anda gunakan adalah bahasa baku dan sesuai EYD (Ejaan Yang Disempurnakan). Sekedar tips untuk anda, Letakkan beberapa link rujukan bisa dari internal wikipedia atau pun link eksternal. bagi anda pemilik blog, anda bisa memanfaatkan hal ini untuk mendapatkan backlink secara gratis dari wikipedia. Setelah anda selesai menulis profil anda. anda bisa menyimpannya dan profil anda pun sudah jadi.

Artikel Terkait

4 comments

dengan memiliki sebuah akun di WIKI apakah bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan backlink ya mas ?

Whehe, itu skan langsung dipublikasi atau ada persetujuan dari Wikipedia dulu gan?

bisa langsung publikasi kok, cuma tidak selalu masuk index google, kecil kemungkinan di index google :D. saya pribadi manfaatin untuk dapat backlink :D

bisa kok, meski pun bukan backlink dofollow tapi lumayan lah dapet backlink dari situs sebesar wikipedia secara gratis :D